9 Pasukan Elit Paling Kuat di Dunia


Pasukan elit merupakan unit terbaik, terlatih dan tangguh yang membanggakan dari suatu negara. Mereka berdiri tegak untuk melindungi negaranya dari ancaman, penyerangan dan melakukan misi penyelamatan dengan berani.

Mereka merupakan pasukan terbaik dari yang terbaik. Para prajurit ini telah melalui berbagai latihan ketat untuk dapat mengalahkan musuh-musuh mereka. Hanya yang terkuat yang bisa menjadi bagian dari mereka.

Hampir semua negara di dunia, sudah memiliki pasukan elit, termasuk Indonesia, dengan Kopassus dan Densus 88. Dan berikut ulasan mengenai 9 pasukan elit paling kuat di dunia.

9. Pasukan Marinir AS.


Pada gambar, terlihat seorang Marinir AS minum darah kobra selama menjalani pelatihan di hutan untuk mempertahankan hidup bersama Angkatan Laut Thailand, sebagai bagian dari latihan bersama yang mereka sebut sebagai 'Cobra Gold 2014'.

8. US Navy SEALS.


Untuk bergabung dengan barisan mereka, Anda harus sanggup melakukan minimal 42 kali push up dalam 2 menit, 50 kali sit up dalam 2 menit dan berjalan sejauh 1,5 mil selama 11 menit. Dan semua itu dilakukan hanya untuk pemanasan saja, artinya ini belum masuk sesi pelatihan.

7. Special Boat Service (SBS).


Pasukan elit Inggris yang setara dengan Angkatan Laut SEAL adalah Special Boat Service. Proses seleksi melibatkan uji ketahanan yang sangat melelahkan, pelatihan di hutan hujan di Belize dan pelatihan pertahanan tempur, yang melibatkan pemeriksaan calon tentara secara intens. 

6. Special Air Service (SAS Inggris).


Pasukan elit dari Inggris ini merupakan rekan-rekan infanteri dari SBS. Lencana yang mereka pakai tertulis ungkapan terkenal yaitu, 'Who dares wins.' Ditanya mengenai pentingnya peran SAS dalam pertempuran perang Irak, Jenderal AS Stanley McChristal menjawab, "Kami tidak bisa melakukannya tanpa mereka."

5. Israel's Sayeret Matkal.


Tujuan utama pendirian pasukan ini adalah untuk mengumpulkan intelijen dan beroperasi di belakang garis musuh. Selama proses seleksi, para calon tentara harus menjalani pelatihan keras dalam waktu lama yang dipantau oleh tim dokter dan psikolog. Hanya yang terkuat yang mampu bertahan dan masuk.

Pada tahun 2003, seorang sopir taksi Israel, Eliyahu Gurel diculik setelah mengangkut empat warga Palestina di dalam taksinya di daerah Yerusalem. Hanya unit Sayeret Matkal lah yang mampu menyelamatkannya di dalam lubah sedalam 10 meter, di sebuah pabrik kosong di pinggiran kota Ramallah.

4. Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale (GIGN, Perancis).


Kelompok ini terdiri dari orang-orang kuat yang dilatih secara khusus untuk menanggapi situasi penyanderaan. Mereka mengklaim telah membebaskan lebih dari 600 sandera sejak dibentuk pada tahun 1973.

Salah satu peristiwa paling luar biasa dalam sejarah GIGN adalah perebutan Masjidil Haram di Mekkah pada tahun 1979. Karena ada larangan non-Muslim memasuki kota suci, tiga tim dari GIGN sementara masuk Islam sebelum membantu angkatan bersenjata Saudi untuk merencanakan merebut kembali Masjidil Haram.

3. Russia's Alpha Group.
Ini merupakan salah satu pasukan elit terbaik yang dikenal dunia. Unit anti-terorisme ini diciptakan oleh KGB pada tahun 1974, dan tetap berada di bawah pasukan elit rekannya, FSB.

Pasukan khusus Rusia dan Alpa Group khususnya, pernah mendapat kritik keras selama krisis penyanderan pada tahun 2002 di Moskow, di mana 129 sandera tewas karena efek gas yang digunakan untuk melumpuhkan militan yang menyita sebuah teater.

2. Spain's Unidad de Operaciones Especiales atau Naval Special Warfare Force.


Sejak 2009, pasukan ini berhasil menjadi salah satu pasukan elit terbaik dan dihormati oleh pasukan khusus Eropa. Awalnya, pasukan ini didirikan sebagai relawan Amphibious Climbing Company di tahun 1952, namun sejak saat itu mereka mulai mencontoh SAS untuk menjadi kekuatan elit tempur. Tingkat kegagalan calon pasukan mencapai 70-80 persen.

1. Special Services Group (SSG, Pakistan).


Di Pakistan, pasukan ini lebih dikenal sebagai 'Black Storks', karena tutup kepalanya yang unik. Pelatihannya mencakup 36 mil berbaris dalam 12 jam dan 5 mil berjalan dalam 20 menit dengan mulut penuh.

Pada bulan Oktober 2009, SSG menyerbu sebuah gedung perkantoran dan menyelamatkan 39 orang yang disandera oleh tersangka militan Taliban setelah serangan terhadap markas tentara.

Sumber: Business Insider