9 Perusahaan Paling Jahat dalam Fiksi

Logo perusahaan Oscorp.

Perusahaan-perusahaan jahat di sini merupakan pokok dari cerita fiksi, mereka merupakan perusahaan multinasional besar dan perusahaan megacorporation dengan kekuatan yang biasanya dipegang oleh pemerintah, yang mengambi keuntungan atas nama etika.

Yang tidak etis di sini adalah mereka mengorbankan moralitas demi uang, di depan masyarakat mereka memperkenalkan diri sebagai pahlawan, tetapi sebenarnya mereka melakukan kejahatan kapitalisme.

Mereka menjejakkan korporasi jahat mereka di sejumlah acara TV, film, buku-buku komik superhero dan juga video game. Dan berikut ulasan dari sembilan perusahaan tersebut.

1. Momcorp.
Muncul dalam film: Futurama
Mom's Friendly Robot Company memiliki monopoli pada industri robot di abad ke-30, dan satu-satunya pemegang saham adalah Mom. Meskipun citra publiknya hangat dan ramah, sebenarnya mereka mempunyai sfat yang sangat jahat, dengan plot di mana ia mencoba untuk menggunakan robot untuk mengambil alih planet bumi.

2. Omni Consumer Products.
Muncul di film: Robocop
Seperti pada perusahaan lain di dystopian fim sci-fi, OCP merupakan perusahaan yang membuat segala sesuatu, termasuk seluruh kota dan polisi robot. Perusahaan memprivatisasi seluruh kota Detroit atau Delta City dan memerintah dengan tangan besi secara sembarangan.

3. Buy n’ Large.
Muncul dalam: Wall-E
Buy n' Large merupakan mimpi terburuk bagi setiap konsumen advokat anti-korporat, yaitu sebuah perusahaan yang akhirnya membeli semua perusahaan lain dan secara efektif menguasai dunia, akhirnya mencemari planet serta memaksa seluruh penduduk bumi untuk tinggal di angkasa yang dibangun dan dioperasikan oleh Buy n' Large.

4. Umbrella Corporation.
Muncul di: Resident Evil
Seperti dalam film sci-fi, video game yang penuh dengan perusahaan-perusahaan jahat, dan yang paling menonjol adalah Umbrella Corporation, konglomerat besar dari alam semesta 'Resident Evil' terlihat dari luar merupakan perusahaan yang membuat kosmetik dan produk makanan, tetapi sebenarnya mereka adalah produsen yang jahat yang memproduksi virus weaponized yang mengubah manusia menjadi zombie.

5. Mondo Burger.
Muncul dalam film: Good Burger
Mungkin ini merupakan outlet makanan cepat saji yang paling jahat di dunia, makanan Mondo Burger mengandung racun dan merayu orang untuk bergabung dengan perusahaan ini. ketika skema jahatnya terungkap, perusahaan akan menculik calon pelapor dan menempatkan mereka di rumah sakit jiwa. 

6. Oscorp.
Muncul di: Spider Man
Perusahaan ini didirikan oleh Norman Osborn. Perusahaan ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan eksperimental, penelitian militer dan genetika lintas-spesies, menurut Amazing Spiderman Wiki. Pelanggaran perusahaan ini, antara lain adalah membangun robot ruang angkasa untuk membunuh Spider Man, menciptakan kaki palsu yang bisa mengubah Anda menjadi kadal dan secara tidak sengaja menciptakan Electro, yaitu kapasitor listrik manusia.

7. Gekko & Co.
Muncul di film: Wall Street
Gordon Gekko terkenal karena menyatakan “greed is good” di Oliver Stone Wall Street. Ia memang tidak memanipulasi karyawan untuk keperluan perdagangan ilegalnya, tetapi ia sibuk menjual perusahaan yang masih layak berdiri dan menyebabkan PHK massal. Semuanya berakhir di tangan polisi dan  mendapat hukuman penjara selama 8 tahun.

8. InGen.
Muncul di: Jurassic Park
InGen (International Genetic Technologies) adalah sebuah perusahaan rekayasa genetika yang muncul dalam novel fiksi Jurassic Park, film dan media lainnya. InGen menghindari pengeluaran untuk membangun Jurassic Park, tapi pelajaran yang bisa diambil dari perusahaan ini adalah, jangan main-main dengan alam. Pelepasan Tyrannosaurus rex di San Diego mengakibatkan kecelakaan dan kerusakan lainnya.

9. Los Pollos Hermanos.
Muncul di film: Breaking Bad
Los Pollos Hermanos merupakan rantai restoran cepat saji yang menghkususkan diri untuk makanan ayam goreng dan beroperasi di seluruh barat daya Amerika Serikat. Perusahaan ini dioperasikan oleh Gustavo Fring dan dimiliki oleh koglomerat Jerman, Madrigal Electromotive, restoran ini juga menyediakan pencucian uang dan logistik untuk kegiatan ilegal. Hal ini dilakukan sebenarnya untuk menutupi jaringan distribusi narkoba multi-juta dolar.

Selanjutnya
« Next Post
Sebelumnya
Prev Post »