5 Makanan Ini Bersihkan Organ Hati dengan Cepat


Gaya hidup kita sehari-hari, kebiasaan makan yang buruk dan stres, semuanya dapat menimbulkan pengaruh negatif untuk tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan. Hati merupakan salah satu organ penting yang bertanggung jawab atas masalah kesehatan Anda.

Organ hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun dan melepaskan semua zat-zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. Selain itu, semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh juga diatur melalui hati.

Empedu juga diproduksi di dalam hati, dan membantu melancarkan pencernaan. Jadi, Anda bisa membayangkan bukan, betapa pentingnya menjaga kesehatan organ hati, karena dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh dan semua organ-organ lain.

Oleh karena itu, untuk memastikan organ hati Anda berfungsi dengan baik, mengonsumsi makanan yang tepat sangat dianjurkan. Berikut lima makanan sehat yang mampu membersihkan organ hati Anda dengan cepat.

1. Bawang putih.
Bawang putih merupakan pembersih organ hati yang sangat bagus. Kandungan mineral dan antioksidannya yang kuat akan sangat membantu Anda. Selain kaya akan selenium dan arginin, bawang putih juga mengandung beberapa vitamin penting, seperti vitamin B6 dan C, yang membantu proses detoksifikasi dan mencegah kerusakan sel-sel darah. 

2. Grapefruit.
Grapefruit merupakan pelindung organ hati, karena kaya akan vitamin C dan glutathione. Grapefruit mengandung lebih dari 70 mg glutathione, yang cukup untuk menghasilkan enzim detoksifikasi yang akan menjaga organ hati Anda dengan baik.

3. Sayuran hijau.
Semua sayuran berdaun hijau merupakan kunci untuk menjaga organ hati Anda agar tetap sehat. Sayuran hijau menawarkan banyak antioksidan, yang mampu mengatur kadar logam dan membersihkan pestisida dan bahan kimia yang ada di dalam tubuh.

4. Alpukat.
Alpukat merupakan pembersih organ hati yang sangat kuat dan kaya akan semua zat penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan glutathione, vitamin C dan E. Alpukat akan mendetoksifikasi organ hati Anda dan menjaga sel-sel dari kerusakan. Alpukat juga dapat menonaktifkan pelepasan radikal bebas, mencegah peradangan dan menjaga tingkat kolesterol Anda.

5. Kunyit.
Kunyit kaya akan kurkumin, yang bertanggung jawab untuk mencegah proses inflamasi dan menjaga empedu Anda agar tetap sehat. Kunyit juga mampu meregenerasi sel-sel hati dan mengeluarkan sisa racun dan alkohol yang dapat merusak organ ini. Untuk itu, jangan ragu untuk memasukkan kunyit ke dalam makanan Anda.


Sumber: Real Farmacy